Kamis, 19 Maret 2015

Tutorial Animasi Flash: Animasi Hewan Terbang

Tutorial ini akan menunjukan cara bagaimana membuat animasi hewan terbang. Pada hewan terbang inti utama dari animasi adalah pergerakkan sayap mereka saat terbang. Untuk memulai membuatnya kita sediakan gambar hewan yang sedang terbang mengepakan sayapnya dan gambar latar yang sesuai dengan hewannya.

Kita buat file flash baru dan import semua file diatas kedalam library.


Kita buat dua layer baru dan diberi nama "Burung" dan "Latar". Kemudian masukan gambar latar pada layer "Latar" dan gambar burung pada layer "Burung".


Pada layer "Burung", klik kanan gambar burung dan klik Convert to Symbol. Atur Type menjadi movie clip dan Registration berada di tengah serta berinama animasi_sayap. Lalu klik dua kali symbol untuk masuk mode edit symbol.


Lalu seleksi gambar burung dan klik menu Modify => Bitmap => Trace Bitmap. Setelah itu akan muncul window dari Trace Bitmap kemudian klik Ok.



Setelah Trace Bitmap, kita pisahkan sayap kiri, sayap kanan dan badan burung ke dalam tiga layer yang berbeda. Layer yang paling atas adalah layer "Sayap Kanan" dan paling bawah adalah "Sayap Kiri". Lalu mengkonversi sayap kiri, sayap kanan dan badan burung menjadi movie clip. Kemudian kedua sayap yang telah dijadikan movie clip didekatkan kembali dekat badan burung.




Insert Frame ke dalam tiga layer diatas sampai 51 frame.


Geser titik rotasi pada sayap kiri dan sayap kanan mendekati bagian badan burung.



Pada kedua layer "Sayap Kanan" dan layer "Sayap Kiri", Klik kanan, klik Create Classic Tween. Kemudian klik kanan pada frame 50 lalu klik Insert Keyframe. Lalu klik kanan pada frame 26 lalu klik Insert Keyframe.


Pada kedua layer "Sayap Kanan" dan layer "Sayap Kiri", gunakan Free Transform Tool dan rubah bentuk sayap. Setelah itu atur juga posisi badannya seperti pada gambar dibawah ini.



Kemudian kembali ke Scene 1 dengan mengklik button Scene 1 yang ada di pojok kiri atas dari Stage. Setelah itu pindahkan burung ke luar dari latar seperti pada gambar dibawah. Lalu pada layer "Burung" dan layer "Latar", klik kanan dan Insert Frame sampai frame 120.



Setelah itu klik kanan pada layer "Burung" dan klik Add Classic Motion Guide.



Lalu pada layer "Guide: Burung" kita gambarkan jalur terbang burung dengan pen tool. Tempatkan gambar burung pada layer "Burung" pada titik awal anda mengambar garis tersebut.


Setelah itu, klik layer "Burung" dan klik kanan, lalu klik Create Classic Tween. Setelah itu insert keyframe ke 120, kemudian geser gambar burung pada titik akhir anda mengambar garis pada layer "Guide: Burung".


Untuk memasukan latar suara, buat layer baru dibawah layer "Latar" dan beri nama "Suara". Lalu import suara yang berhubungan dengan animasi kita dalam hal ini suara burung merpati kedalam library. Setelah itu tarik suara tersebut dari library dan lepaskan dalam stage.


Animasi yang kita buat pun selesai. Berikut hasil dari animasi ketika kita menekan Ctrl + Enter.


Yori Montolalu

Tidak ada komentar:

Posting Komentar